PEMUDA PELOPOR DESA SIRAMAN

Pemdes Siraman 03 Agustus 2016 13:38:16 WIB

Presentasi program Pemuda Pelopor Tingkat Kabupaten oleh Ria Silviani, S.Pd. di Sanggar Seni Rawikara Nari Bahuwarna pada hari Rabu tanggal 27 Juli 2016.

Dimana pemuda/ generasi muda/kaum muda adalah mereka yang memiliki semangat pembaharu dan progresif. Kepeloporan merupakan akumulasi dari semangat, sikap dan jiwa kesukarelawanan yang dilandasi kesadaran diri atas tanggung jawab sosial untuk menciptakan sesuatu dan /atau mengubah gagasan menjadi suatu karya nyata yang dilaksanakan secara konsisten, gigih dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat serta diakui pemerintah.

pemuda pelopor yang dinilai memiliki prestasi dan kontribusi dalam kepeloporannya dibidang :

  1. Pendidikan,
  2. Sosial Budaya dan Pariwisata
  3. Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan,
  4. Industri Pangan dan Kesehatan,
  5. Komunikasi dan Informasi

Ria Silviani, S.Pd. selaku pendiri Sanggar Seni RnB lebih menekankan pada bidang Pendidikan meskipun yang diajarkan adalah kesenian. Kesenian yang diajarkan di Sanggar Seni RnB adalah Seni Tari modern dan klasik, Teater dan Seni Rupa. Yang menarik dari Pendidikan di Sanggar Seni RnB adalah Metode yang diterapkan melalui Pendidikan Karakter. Murid-murid di Sanggar diajarkan untuk berlaku jujur dengan adanya Kantin kejujuran yang bebas mengambil makanan/minumam, bebas membayar dan bebas mengambil kembalian. Selain itu juga diajarkan membangun Percaya Diri, menabung dan menuliskan keinginan di “celengan”(tabungan), Permainan kekompakan, konseling agar murid-murid sanggar bias mengungkapkan permasalahan yang tengah dihadapi dan bisa segera diatasi, dan masih banyak lagi metode menarik di Sanggar Seni RnB.

Perihal Nama "Sanggar Seni RnB"

Sudah sejak 7 Juni 2013 Sanggar Seni RnB berkegiatan dan berkarya.
Nama Sanggar Seni RnB sudah sering didengar dan diucapkan, akan tetapi masih banyak yang penasaran dengan kepanjangan dari RnB.
Rawikara berarti berkas sinar matahari, kata tersebut berasal dari bahasa Sansekerta.
Nari berarti menawarkan, kata tersebut berasal dari bahasa Jawa.
Bahuwarna berarti banyak warna, kata tersebut berasal dari bahasa Jawa. 

Rawikara Nari Bahuwarna : berkas sinar matahari yang menawarkan banyak warna.
Sanggar Seni Rawikara nari Bahuwarna (RnB) : Sanggar yang terbuka untuk memberikan dan menerima berkas sinar yang dapat menerangi dengan menawarkan banyak pilihan cara (warna) dalam mewujudkan karya dan kegiatan bersama, sehingga SENI yang diusung dapat lebih berwarna dan dapat memberikan dampak positif yang beragam bagi keluarga besar sanggar seni RnB khususnya, dan masyarakat pecinta seni pada umumnya. 

Nama tersebut adalah doa dan prinsip pendiri RnB, semoga dengan nama ini mampu bertahan dan berkembang dalam dunia seni yang sangat kuat arusnya, tak pernah kehabisan ide untuk membahagiakan banyak orang. aamiin :)

Hasil presentasi pada Rabu 27 Juli 2016 Alhamdulillah membuahkan Hasil yang memuaskan Ria Silviani sebagai Pendiri Sanggar Seni RnB terpilih sebagai Pemuda Pelopor Kabupaten Gunungkidul di Bidang Pendidikan dan maju ke Tingkat Provinsi yang akan dilaksanakan Penilaian pada tanggal 21-22 Agustus 2016 mendatang. Semoga lancar dan sukses maju ketingkat Nasional.

 

Komentar atas PEMUDA PELOPOR DESA SIRAMAN

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung