ALAT PERONTOK JAGUNG DAN PASAH SINGKONG/PISANG “TERUNGGUL SE-INDONESIA” 2016

Pemdes Siraman 10 Agustus 2016 09:28:54 WIB

Sebuah hasil karya teknologi yang sangat bermanfaat serta dapat mendorong perkembangan teknologi terapan di Gunungkidul. Alat yang dapat dimanfaatkan oleh Petani jagung dan Pengusaha keripik singkong atau pisang. Alat ini sangat membantu dikarenakan sangat efektif, efisien dan murah.

Ahnaf Fauzy Zulkarnain yang dibimbing oleh Pujiyanto, S.Pdi Guru Pembimbing sekaligu Ayah kandungnya membuat alat ini dengan melakukan rangkaian pengamatan serta percobaan yang panjang. Mereka mengamati cara yang digunakan oleh Petani sekitar yang merontokkan biji jagung hanya dengan tangan. Selain memakan waktu yang lama juga membuat tangan lecet. Selain itu pengamatan juga dilakukan terhadap para pembuat criping yang masih menggunakan alat pasah manual sehingga kurang efisien, memakan waktu yang lama dan hasil yang didapatkan kurang maksimal.

Berawal dari masalah ini, Ahnaf dan Pembimbing berusaha mencari solusi. Dengan melakukan berbagai percobaan dan pembenahan akhirnya tercipta sebuah alat sederhana yang bisa merontokkan jagung sekaligus memotong bahan ceriping dengan lebih cepat dan mudah. Alat ini dapat digerakkan menggunakan dinamo (energy listrik) dan juga dapat digerakkan secara manual.

Alat ini memiliki mata pisau yang dapat bergerak memutar secara teratur. Putaran pisau yang teratur dapat menghasilkan bahan ceriping dengan ketebalan yang sama. Kayu papan berbentuk lingkaran telah di desain dengan dua mata pisau sehingga dengan menggunakan alat ini lebih mudah, lebih efisien waktu dan tenaga sehingga hasil produksi meningkat dan keuntungan yang didapatkan juga meningkat.

Untuk fungsi perontok jagung, pada alat ini terdapat lingkaran memanjang yang memutar bersamaan dengan mata pisau. Sebuah potongan karet ban bekas bergerigi tertempel pada lingkaran kayu tersebut sehingga apabila kayu berputar maka  karet ban itu dapat dimanfaatkan untuk merontokkan jagung.

Alat ini yang membawa Ahnaf menjadi Peneliti Cilik Unggul Se-Indonesia dalam ajang lomba sains Kalbe Junior Scientist Award (KJSA) 2016 . Alat ini sangat bermanfaat untuk diri sendiri juga Warga Masyarakat Luas. Selain itu alat ini juga murah, dengan biaya Rp.400.000,- (empat ratus ribu rupiah) sudah mendapatkan alat dengan 2 fungsi ini. /tms

Komentar atas ALAT PERONTOK JAGUNG DAN PASAH SINGKONG/PISANG “TERUNGGUL SE-INDONESIA” 2016

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung