SANGGAR SENI RnB (RAWIKARA nari BAHUWARNA), Kreasi anak lokal kualitas Nasional

Pemdes Siraman 10 Agustus 2016 11:26:09 WIB

 

Sanggar seni RnB berada di Jl. KRT. Judoningrat, dusun Seneng, RT 05 RW 07, desa Siraman, kecamatan Wonosari, kabupaten Gunungkidul, D.I. Yogyakarta. Sanggar seni RnB terletak di sebelah selatan ± 3 kilometer dari pusat kota Wonosari.Sanggar ini dirintis oleh Ria Silviani, S.Pd seorang pelaku seni di Dusun Seneng Desa Siraman Kecamatan Wonosari yang mempunyai keinginan untuk memberikan wawasan seni yang baru kepada para generasi muda Wonosari. Pada saat Ria Silviani masih mengenyam bangku SD hingga SMA, ia tergabung dalam paguyuban sanggar tari Angreni yang sering ditunjuk pihak dinas pariwisata dan budaya Gunungkidul untuk terlibat dalam promosi seni tradisi Gunungkidul. Oleh karena itu ia mempunyai ide untuk mengenalkan seni kontemporer dalam bentuk teater dan tari kontemporer (gabungan modern dance dengan tari kreasi baru dan tradisional) di Wonosari. Dengan harapan bahwa generasi muda dapat tertarik untuk mempelajari dan tidak malu untuk menunjukkannya pada masyarakat luas.
Awalnya, Reya (begitu sapaan akrabnya) hanya melatih tari di SDN Seneng, dan SMAN 2 Wonosari sebagai guru ekstrakurikuler seni tari. Reya juga melatih seni teater kontemporer di SMPN 2 Wonosari dan SMAN 2 Wonosari. Kegiatan dan profesi tersebut berlangsung sepanjang tahun 2009 hingga 2011. Setelah setahun berjalan, Ria merasa perlu mempunyai satu tempat khusus yang dapat mewadahi minat dan bakat siswanya, dan juga anak-anak muda di Wonosari. Memasuki tahun 2012, Reya mulai mencari peluang dan modal untuk membangun sanggarnya sendiri. Akhirnya pada bulan Oktober 2012, Reya dibantu dengan orang tua dan partner kerjanya dapat merealisasikan berdirinya sanggar seni RnB. Meskipun dengan tempat yang minim akan tetapi ia mencoba mengubah tempat tersebut sedemikian rupa sehingga menarik dan cukup representatif bagi para siswa untuk belajar seni tari dan teater.
Sepanjang tahun 2009 hingga 2011 sudah banyak event yang diikuti oleh anak didik Reya. Dari bidang tari kreasi baru,modern dance, dan teater. Akan tetapi karena pada tahun itu Reya belum memiliki secara nyata sebuah sanggar, maka nama grup anak didiknya berganti-ganti sesuai dengan situasi dan kondisi. Nama grup yang bernaung di bawah sanggar seni RnB adalah: Widyatama Dancer, Original Dancer, No Time Dancer, Teater Prisadama, Teater Espero, dan Teater X-tra. Kini siswa dari keenam grup tersebut menjadi satu di sanggar seni RnB bergabung dengan anak-anak dari TK Theresia Wonosari, SDN Seneng, SMPN 1 Wonosari, SMPN 3 Playen, SMPN 1 Tanjungsari, SMAN 2 Wonosari, SMKN 1 Wonosari, SMAN 1 Wonosari, dan SMAN 2 Playen dan masih banyak lagi. Peserta didik di sanggar seni RnB dibagi dalam kelompok-kelompok sesuai dengan usia dan minatnya. 
Saat ini kegiatan yang diajarkan lebih variatif yaitu Tari Tradisional, Tari Kreasi Baru, Modern Dance, Seni Rupa, Teater, Fashion Carnifal, Event Organizer, Make up, Property Artistic,dll. Sanggar juga sudah memiliki Bangunan Khusus untuk berkegiatan. Selain belajar kesenian di Sanggar Seni RnB juga mengajarkan Pelajaran Karakter. 
 
RnB sendiri memiliki arti: 
Rawikara berarti berkas sinar matahari, kata tersebut berasal dari bahasa Sansekerta.
Nari berarti menawarkan, kata tersebut berasal dari bahasa Jawa.
Bahuwarna berarti banyak warna, kata tersebut berasal dari bahasa Jawa. 

Rawikara Nari Bahuwarna : berkas sinar matahari yang menawarkan banyak warna.
Sanggar Seni Rawikara nari Bahuwarna (RnB) : Sanggar yang terbuka untuk memberikan dan menerima berkas sinar yang dapat menerangi dengan menawarkan banyak pilihan cara (warna) dalam mewujudkan karya dan kegiatan bersama, sehingga SENI yang kami usung dapat lebih berwarna dan dapat memberikan dampak positif yang beragam bagi keluarga besar sanggar seni RnB khususnya, dan masyarakat pecinta seni pada umumnya. 

Nama tersebut adalah doa dan prinsip, semoga dengan nama ini mampu bertahan dan berkembang dalam dunia seni yang sangat kuat arusnya, tak pernah kehabisan ide untuk membahagiakan banyak orang. aamiin :)
 
Pemerintah Desa menyambut baik dengan adanya Sanggar Seni RnB menjadi Pelopor Berbudaya bukan hanya berkesenian di Desa Siraman. Bentuk kerjasama yang dilakukan adalah Pelatihan Batik Selo Siratu yang nantinya akan digunakan sebagai salah satu keunggulan Desa Siraman, mewakili desa dalam Kirab HUT Kabupaten Gunungkidul, mengisi acara dalam beberapa kegiatan Desa dan selanjutnya akan bersama-sama Pemerintah Desa untuk menelusur cerita rakyat dan Sejarah di Desa Siraman. 
 
Yang penasaran dengan Sanggar Seni RnB buka di http://sanggarsenirnb.blogspot.co.id/
Kalian berminat untuk gabung? Bisa follow twitter @sanggarseniRnB atau SMS/Telp: 089683321279. Selamat bergabung ^__^ /tms

Komentar atas SANGGAR SENI RnB (RAWIKARA nari BAHUWARNA), Kreasi anak lokal kualitas Nasional

iaWsebxwP 10 Agustus 2017 08:22:43 WIB
zYyDpr fzpetulfcgjy, [url=http://xyzxkqjgsfbk.com/]xyzxkqjgsfbk[/url], [link=http://douuhoekrcdt.com/]douuhoekrcdt[/link], http://dkxgkpofshvi.com/
LarryWRIGE 28 Juli 2017 10:53:36 WIB
qu7l4a6u30fnegy30v baidu baidu 2mqc5tqj5r9c9oefzm

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung