Rasul Tri Padukuhan (Besari, Winong, Seneng)

Pemdes Siraman 18 Agustus 2016 10:05:43 WIB

Rangkaian acara bersih dusun/rasul tri dusun (Besari, Winong, Seneng) terlaksana dengan sangat meriah, hikmat dan lancar. Ketua Panitia rasul tri dusun Bapak Nurcholis Suaidi, STP sangat lega karena pelaksanaan acara mulai tanggal 12 Agustus 2016 sampai Senin 15 Agustus 2016 tidak ada kendala. Acara rasul tri dusun meliputi Ziarah Kubur, Kebaktian Agama Katholik, Kebaktian Agama Kristen, Pengajian dan Mujahadah, Jalan Santai, Lomba Anak-anak, Pentas Seni & Kethoprak, Kirab & Upacara adat, Pagelaran Wayang Kulit. Dukungan Warga masyarakat untuk mensukseskan acara rasul sangat besar. Mulai dari pendanaan dan pelaksanaannya. 

Acara bersih dusun salah satu warisan budaya yang merupakan adat istiadat di Desa Siraman yang harus dijaga dan dilestarikan.Substansi dari acara tersebut adalah rasa syukur masyarakat pada Tuhan yang telah memberikan segala kenikmatan serta sebagai doa permohonan agar selalu diberikankeselamatan dan kemudahan dalam segala aktifitas sekaligus sebagai rasa penghargaan manusia dengan alam semesta. Tradisi budaya ini menyimpan kearifan lokal tentang pentingnya nilai-nilai kebersamaan, kekeluargaan serta gotong royong dalam bermasyarakat tanpa membeda-bedakan status sosial warganya. Meninggalkan semuabentuk perbedaan untuk berselaras dalam satu kesatuan inilah yang patut kita teladani dalam kehidupan nasional dan berbangsa.

Dengan selalu menghadirkan kesenian tradisional dalam acaranya, bersih dusun telah ikut memberikan andil dalam melestarikan kesenian-kesenian adiluhung warisan nenek moyang. Dapat diambil kesimpulan bahwa bersih dusun telah menarik garisvertikal dan horisontal secara bersamaan yakni ungkapan doa dan rasa syukur masyarakat kepada Tuhan dan harmoni antar warga masyarakat tanpa memandang latar belakang sosialnya.Dalam perkembangan zaman yang semakin maju dan diiringi dengan perkembangan teknlogi yang semakin pesat, banyak kebudayaan-kebudayaan warisan nenek moyang yang telah dilupakan bahkan ditinggalkan oleh kawula muda.

 

Komentar atas Rasul Tri Padukuhan (Besari, Winong, Seneng)

sumari 25 Agustus 2016 11:18:02 WIB
majukan desa dengan SID

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung