PEMBINAAN KELOMPOK SIMPAN PINJAM PEREMPUAN DAN USAHA EKONOMI PRODUKTIF UPK KECAMATAN WONOSARI

Pemdes Siraman 17 Maret 2017 10:52:46 WIB

Kamis tanggal 16 Maret 2017 pukul 08:30 WIB bertempat di Balai Sasono Among Projo Desa Siraman dilaksanakan Pembinaan Kelompok Simpan Pinjam Perempuan dan Usaha Ekonomi Produktif Desa Siraman yang menjadi Binaan UPK Kecamatan oleh BKAD dan TPPM. Pembinaan tersebut dihadiri oleh Camat Wonosari Drs. Siswanto, Staf PMD Kecamatan Wonosari, BKAD dan TPPM dari pihak UPK Kecamatan Wonosari,Perangkat Desa, Keua BPD, Ketua LPMD dan perwakilan dari Kelompok SPP & UEP Desa Siraman.

Bapak Kasdi Siswo Pranoto selaku Ketua Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Kecamatan Wonosari menyampaikan bahwa tujuan UPK melakukan pembinaan dan pemberian modal berupa pinjaman ke kelompok-kelompok SPP & UEP adalah agar kelompok masyarakat tidak terjerat lembaga keuangan yang memberatkan namun kelompok masyarakat bisa mengembangkan potensi usaha yang dijalankan.  Aset yang berada di UPK Wonosari adalah hasil dari program PNPM yang dipelihara bersama sehingga bisa semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Kelompok masyarakat di Desa Siraman yang menjadi binaan UPK Wonosari ada 13 Kelompok SPP dan 5 Kelompok UEP. Kelompok SPP dan UEP Desa Siraman lancar dari 18 kelompok peminjam ada 1 kelompok yang menunggak namun tidak menghawatirkan. Dari UPK desa mendapatkan IPTW (Intensif Pengembalian Tepat Waktu) berupa dana sosial yang diberikan tiap tahun. semakin banyak kelompok peminjam desa yang menjadi binaan UPK semakin besar pula IPTW yang diberikan ke desa.

Camat Wonosari Drs. Siswanto menghimbau agar kelompok peminjam binaan UPK Kecamatan Wonosari yang berada di Desa Siraman supaya tepat waktu membayar angsuran pinjaman sehingga melancarkan siklus keuangan di UPK. Bapak Camat juga menyampaikan agar warga Desa Siraman yang belum menjadi kelompok binaan UPK Kecamtan Wonosari bisa membuat Kelompok SPP maupun UEP agar bisa mengembangkan usaha dengan modal pinjaman yang berbunga ringan dan non agunan.

UPK Wonosari juga memiliki TPPM (Tim Pengendali Pengaduan Masyarakat) yang bertujuan untuk mengawal dan mengendalikan segala macam pengaduan masyarakat agar bisa segera ditangani, dikendalikan dan diberikan solusi yang cepat dan tepat.

trims.

Komentar atas PEMBINAAN KELOMPOK SIMPAN PINJAM PEREMPUAN DAN USAHA EKONOMI PRODUKTIF UPK KECAMATAN WONOSARI

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung