PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN KELOMPOK USAHA PEMUDA PRODUKTIF

Pemdes Siraman 31 Maret 2017 13:18:58 WIB

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga kabupaten Gunungkidul bekerjasama dengan Karangtaruna Kabupaten Gunungkidul melaksanakan pelatihan kewirausahaan kelompok usaha pemuda produktif (KUPP) untuk Pemuda se Kabupaten Gunungkidul. Tujuan dilaksanakan pelatihan agar tercipta Pemuda Kreatif, Maju dan Mandiri. Pelatihan dilaksanakan di tiap kecamatan. Salah satunya dikecamatan Wonosari pelatihan dilaksanakan di Desa Siraman. Materi yang disampaikan adalah tentang cara tanam Hidroponik.

Heri Santoso Ketua karangtaruna Desa Siraman yang merupakan pengurus karangtaruna kecamatan Wonosari sekaligus Karangtaruna Kabupaten Gunungkidul menyampaikan alasan pemilihan materi hidroponik, yaitu:

  1. menumbuhkan minat bertanam dengan sehat non pestisida
  2. dengan lahan yang minimalis mengasilkan panen maksimal
  3. menciptakan alternatif wisata edukatif

Tidak dipungkiri lagi, di kecamatan Wonosari wilayah pertanian telah berkurang dan mulai tumbuh bangunan-bangunan. Maka dari itu sangat tepat jika salah satu metode tanam yang menjadi alternatif adalah Hidroponik. Selain menjadi alternatif lahan yang minimalis, metode tanam hidroponik juga menghasilkan sayur dan buah yang sehat karna menggunakan metode organik non pestisida sehingga kita bisa mengolah dan mengkonsumsi dengan aman. Saat ini Kabupaten Gunungkidul booming wisata alam yang kebanyakan berada di sisi pinggir wilayah Kabupaten. Sedangkan diwilayah dalam kota tempat-tempat wisata berupa taman buatan. Diharapkan Hidroponik menjadi salah satu alternatif wisata dalam kota. Hidroponik jika dikelola dengan baik akan memiliki nilai keindahan tersendiri, sehingga diharapkan di dalam kota memiliki tempat tujuan wisata edukasi hidroponik dan juga bisa digunakan untuk tempat belajar anak-anak sekolah diwilayah Kabupaten Gunungkidul.

 

trims.

Komentar atas PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN KELOMPOK USAHA PEMUDA PRODUKTIF

Pemdes Siraman 15 November 2017 04:09:16 WIB
Setahu kami belum ada. Tapi program kedepan Karang Taruna Desa Siraman akan melaksanakan kegiatan hidroponik.
Putra 14 November 2017 06:48:26 WIB
Mohon info, adakah Desa di Gunung Kidul yg mengembangkan wisata hidroponik ?

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung