SURVEY LOKASI STUDY BANDING DESA SIRAMAN TAHUN ANGGARAN 2017

Pemdes Siraman 23 April 2017 14:32:32 WIB

Kamis 20 April 2017 Rombongan Tim Survey Lokasi Study Banding Desa Siraman datang ke Desa Dermaji. Desa Dermaji adalah desa perbukitan yang masuk ke dalam wilayah Kecamatan Lumbir dan terletak di ujung paling barat Kabupaten Banyumas. Jaringan internetpun terbatas disana. Namun ketika masuk di Desa Dermaji membuat decak kagum dengan tata kelola Pemerintahan Desa.

Tim survey lokasi study banding sangat antusias mendengarkan pemaparan dari mantan Kepala Desa Dermaji Bapak Bayu Setyo Nugroho. Tim Survey Lokasi Study Banding terdiri dari Perwakilan Pemerintah Desa, Perwakilan dari BPD dan Ketua Karangtaruna Desa Siraman. Disana tim mencari informasi tentang keunggulan-keunggulan Desa Dermaji agar nanti bisa disampaikan dan diterapkan kepada Pemerintah dan masyarakat Desa Siraman. Salah satu keunggulan Desa Dermaji adalah aspirasi masyarakat untuk membangun desa yang sangat tinggi. Masyarakat memiliki inisiatif berswadaya sangat tinggi bahkan disana masyarakat bergotong-royong membangun beberapa sarana dan prasarana umum dengan mandiri tanpa ada bantuan dana dari Pemerintah. 

Keunggulan yang lain adalah pengelolaan website yang juga dengan website tersebut Desa Dermaji menjadi Desa Unggulan Pilihan Tempo 2016. Fungsi website di Desa Dermaji adalah untuk fungsi Informatif, fungsi transparasi dan partisipasi dan fungsi transformatif (perubahan sosial). Perencanaan di Desa Dermaji dijadikan mimpi besar, mimpi bersama yang harus dicatat, dibahas dan dicapai bersama. Jadi semangat mimpi harus dibangun.

Untuk menciptakan kekompakan dan rasa saling percaya antara masyarakat dan Pemerintah Desa di Desa Dermaji dilakukan pendekatan manajemen pengetahuan dengan mengetahui jati diri desa dan membangun kebanggaan masyarakat atas desa. Selain itu untuk melancarkan pencapaian cita-cita Desa Dermaji juga menjalin kerjasama dengan semua pihak. Dan untuk menciptakan kekompakan di dalam Pemerintahan Desa, Desa Dermaji selalu koordinasi dan bekerjasama dengan Lembaga Desa. Salah satunya dengan menyusun Peraturan Desa bersama BPD.

Tim Survey Lokasi Study Banding juga melihat-lihat bangunan yang bersumber dari swadaya masyarakat. Salah satunya adalah masjid yang dibangun dengan biaya infak 25juta rupiah namun terbangun megah dengan total biaya 500juta rupiah yang berasal dari swadaya masyarakat dan selesai dengan waktu pengerjaan 70hari. Selain itu tim juga mengunjungi museum "Naladipa" yang berisi tentang barang-barang peninggalan tempo dulu.

Tim Survey Lokasi Study Banding Desa Siraman berada di Desa Dermaji selama 3 jam. Sebenarnya masih ingin mengunjungi hutan Wanasuta namun hujan deras mengguyur sehingga tim segera pamit pulang untuk kembali ke Desa Siraman dengan membawa oleh-oleh ilmu yang sangat bermanfaat, dan nanti akan kembali ke Desa Dermaji bersama dengan rombongan peserta Study Banding yang terdiri dari Perangkat Desa, Perwakilan Lembaga Desa dan Tokoh Masyarakat.

 

trims.

Komentar atas SURVEY LOKASI STUDY BANDING DESA SIRAMAN TAHUN ANGGARAN 2017

Mazmoe Gogiek 15 Agustus 2017 12:25:56 WIB
sugeng makaryo, poro punggawane projo Desa Siraman.... Bapak Sudarmadi anak muda asal Siraman III, juga putra terbaik,energik,pandai supel dan gaul...kemajuan siraman ada dipundakmu wahai anak muda....

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung