PROKASIH (PROGRAM KALI BERSIH)

Pemdes Siraman 30 April 2017 09:27:21 WIB

Program kali bersih adalah program kerja pengendalian pencemaran air sungai dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas air sungai agar tetap berfungsi sesuai dengan peruntukannya. 

Desa Siraman dilalui sungai yang dulunya menjadi sarana mencuci pakaian, memandikan ternak, bahkan mandi bagi warga Desa Siraman yang tinggal disekitar aliran sungai tersebut. Namun saat ini sudah tidak ada lagi warga yang menggunakan air sungai untuk aktifitas tersebut. Limbah dan sampah sudah mencemari sungai. Sungaipun semakin dangkal dan ekosistem sungai juga sudah banyak yang berkurang. 

Selain itu apabila terjadi hujan deras, sungai yang melintasi Dusun Seneng, Dusun Winong dan Dusun Besari ini juga sering banjir dan meluap sampai kepemukiman warga yang berada di pinggir aliran sungai. Tak jarang warga mengalami kerusakan dan kerugian akibat banjir.

Inilah yang menjadi pokok pembahasan Kelompok Prokasih Desa Siraman yang rutin mengadakan sarasehan. Kelompok yang terdiri dari Dukuh setempat, Tokoh Masyarakat dan Pemerintah Desa membahas permasalahan, mencari solusi dan bertindak untuk pelestarian sungai agar bersih dan berfungsi kembali sehingga ekosistem dan keseimbangan alam tetap lestari dan terjaga.

Komentar atas PROKASIH (PROGRAM KALI BERSIH)

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung