SOSIALISASI KARTU E-TANI

Pemdes Siraman 03 Mei 2017 22:40:55 WIB

Demi meningkatkan kualitas para petani di indonesia maka pemerintah mengeluarkan Kartu Tani yang nantinya akan dibagikan kepada para petani diseluruh indonesia. Kartu Tani adalah merupakan alat transaksi berupa kartu seperti ATM yang dapat digunakan untuk membeli pupuk bersubsidi. Kartu Tani dapat digunakan untuk memonitor penyaluran pupuk bersubsidi agar tepat sasaran dan tidak disalahgunakan. Kartu Tani dapat digunakan oleh pemerintah untuk penyelarasan informasi baik bibit, jumlah produksi saat panen serta penyerapan oleh Bulog. Dengan kartu tani yang terintegrasi secara online dan pergerakannya bisa diketahui secara 'real time' maka dengan sistem ini pemerintah akan dapat memantau hasil produksi petani serta distribusi pupuk serta bibit.

Oleh karena itu Petani wajib memiliki kartu e tani dengan mendaftarkan diri lewat kelompok tani yang ada di desa. Syarat pendaftaran kartu e tani adalah fotokopi KTP, nama ibu kandung, pendidikan terakhir, data lahan (luas lahan, sewa/milik pribadi).

Sosialisasi Kartu E Tani dilaksanakan oleh Dinas Pertanian dan menghadirkan seluruh petani di Desa Siraman, Kepala Dusun dan Juga Perangkat Desa Siraman.

"Setiap petani yang masuk kelompok tani yang terdaftar dan memiliki Kartu Tani dipastikan mendapatkan pupuk bersubsidi tepat waktu dan bantuan lain dari pemerintah, langsung ke nama penerima. Dengan ada pendataan lewat Kartu Tani, petani juga mudah mendapatkan bibit dan obat-obatan atau pestisida. Data tersebut terdiri atas data petani dengan system by name by address, data lahan, dan data komoditas. " kata ibu Estri PPL Pertanian Kecamatan Wonosari.

 

trims.

Komentar atas SOSIALISASI KARTU E-TANI

AGUSTINUS BESIN 19 Agustus 2017 05:15:20 WIB
Muda mudahan kami di perbatasan RI-RDTL Desa maumutin Kec.raihat kab.belu atambua boleh dapat di akomodasi serta pelayanan dr E-TANI (tertibtani)semoga kami org bataspun boleh mendapat pelayanan tsbt
koeswantoro 28 Mei 2017 11:22:44 WIB
penjelasan PPL Pertanian, hanya putar-putar saja tidak ada hasilnya, kaya ada trik yang dirahasiakan , sihingga kami para petani didesa sangat susah sekali dalam memperoleh kartu tani, tolong deh plise kami dibantu solusinya untuk mendapatkan kartu tani tanpa harus bertele-tele dan ter lalu banyak persyaratan yang berputar-putar,yg ujung2nya kelamaan dan tidak praktis dan juga tidak pro petani

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung