MAHASISWA DARI BELANDA MELAKUKAN PENELITIAN ODGJ

Pemdes Siraman 03 Mei 2017 23:55:01 WIB

Desa Siraman dengan jumlah penderita ODGJ terbayak di Kecamatan Wonosari mendapat perhatian lebih dari Pusat Rehabilitasi YAKKUM. Dengan dijadikannya sample penanganan ODGJ, Pusat Rehabilitasi YAKKUM fokus dalam mencarikan metode-metode penyembuhan ODGJ di Desa Siraman. Salah satunya adalah dengan menghadirkan Simone yaitu mahasiswa tingkat akhir Leiden University Belanda yang melakukan penelitian mengenai kepatuhan minum obat oleh penderita ODGJ.

Sample penderita ODGJ Desa Siraman dilakukan di Dusun Siraman II dengan jumlah penderita ODGJ terbanyak. Salah satu penderita ODGJ di Dusun Siraman II diambil sample penderita ODGJ yang masih muda dengan tingkat produktifitas yang masih tinggi. "Faktor apa yang menjadi penyebap ODGJ di Desa Siraman? lalu bagaimana pengobatan yang dilakukan selama ini? bagaimana metode meminumkan obat ke penderita ODGJ? Apakah efektif penyembuhan ODGJ dengan obat?" tanya Simone

Dari keluarga penderita ODGJ yang dijadikan sample menyampaikan bahwa awal mula terjadi gangguan dikarenakan ada beberapa keinginan yang tidak tercapai yaitu ingin menjadi penyerang di tim sepak bola dan ingin beli motor. Dia juga punya cita-cita ingin mennjadi polisi. "Untuk minum obat anak saya tidak sulit. Terkadang saya campurkan ke makanan/pisang. Tapi sekarang anak saya menjadi lebih gemuk karna semenjak minum obat nafsu makan meningkat. Dan anak saya melakukan aktifitas seperti biasa. Mau mandi, makan, nonton TV, karaoke dirumah, ngobrol dengan orang tua, namun tidak mau keluar rumah karena malu." ujar ibu penderita ODGJ. Simone menjelaskan peningkatan nafsu makan adalah salah satu effek dari konsumsi obat. Obat-obatan untuk penderita ODGJ merangsang halusinasi-halusinasi positif namun berbeda-beda untuk tiap penderita ODGJ. 

Suryantiningsih selaku Kepala Dusun Siraman II mengatakan bahwa faktor penderita ODGJ di Dusun Siraman II sebagian besar dikarenakan faktor keturunan dan juga ekonomi. Beliau juga sangat berterimakasih kepada Pusat Rehabilitasi YAKKUM yang telah bersedia membantu menangani penderita ODGJ di Dusun Siraman II khususnya dan Desa Siraman pada umumnya. Diharapkan nantinya penderita ODGJ di Desa Siraman bisa berkurang bahkan tidak ada lagi penderita ODGJ di Desa Siraman.

 

 

trims.

Komentar atas MAHASISWA DARI BELANDA MELAKUKAN PENELITIAN ODGJ

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung