PENGEPOSAN DANA RASULAN DUSUN SIRAMAN II DAN DUSUN SIRAMAN III

Pemdes Siraman 24 Juni 2017 00:51:11 WIB

Hari Jum'at malam tanggal 23 Juni 2017 diaksanakan pengeposan dana rasulan Dusun Siraman II dan Dusun Siraman III di Balai Padukuhan Siraman II. Rasulan yang akan dilaksanakan pada tanggal 03 Juli 2017 masih dalam suasana Hari Raya Idul Fitri karna hanya selang satu minggu dari perayaan Hari Raya Idul Fitri.

"Bodo campur Rasul" ungkapan yang sering terdengar ditelinga orang Gunungkidul untuk menggambarkan ungkapan kegembiraan yang datangnya bersamaan. Namun bodo campur rasul bukan menjadi sebuah ungkapan gambaran bagi Dusun Siraman II dan Dusun Siraman III karna ini adalah hal nyata. Bodo dalam bahasa Indonesia memiliki arti Hari Raya dan Rasul yang berasal dari kata Rasulan yang biasa disebut juga bersih dusun adalah acara adat yang dilakukan rutin 1 tahun sekali dan dilaksanakan pada hari yang sama yang bertujuan untuk mensyukuri nikmat Allah dengan bersedekah agar kedepan diberikan keselamatan, perlindungann, kelancaran rejeki dan keberkahan oleh Allah SWT.

"Malam ini diadakan pengeposan dana rasulan. Kami beserta warga masyarakat Dusun Siraman II dan Dusun Siraman III benar-benar memanfaatkan waktu yang ada agar berjalan lancar dan yang jelas dibuat seefektif mungkin karena besok sudah malam takbiran. Memang waktunya sangat mepet dan kami laksanakan selang satu minggu setelah lebaran agar perantau yang kembali ke Desa Siraman masih bisa mengikuti dan menikmati acara rasulan ini tanpa mengeluarkan ongkos pulang balik lagi." ungkap Suryantiningsih selaku Kepala Dusun Siraman II.

 

trims.

Komentar atas PENGEPOSAN DANA RASULAN DUSUN SIRAMAN II DAN DUSUN SIRAMAN III

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung