MONITORING TIK DALAM PEMERINTAH KALURAHAN

Tri Mulatsari 09 September 2022 11:19:02 WIB

Siraman (Sida Samekta) – Kamis Pahing (08/09/2022) Pemerintah Daerah DIY melalui Biro Tata Pemerintahan Setda DIY melaksanakan Ekspose Kajian Monitoring TIK dalam Pemerintahan Kalurahan di Hotel Tjokro Style Yogya dengan mengundang 31 peserta dari Dinas Komuniaksi dan Informatika DIY, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan Kabupaten Bantul, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan Kabupaten Sleman, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Kulon Progo, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Gunungkidul serta perwakilan dari Pemerintah Kalurahan dari 4 Kabupaten di DIY.

Pemerintah Kalurahan Siraman Kapanewon Wonosari Kabupaten Gunungkidul merupakan salah satu peserta yang diundang dalam acara tersebut. Tujuan pelaksanaan ekspose monitoring ini adalah untuk mensignifikasi dan mengintegrasikan sistem informasi Pemerintah Kalurahan dengan Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Daerah DIY. Dari kalurahan membangun system keuangan dan profil kalurahan yang terintegrasi dengan Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Provinsi.

Dalam paparan yang disampaikan dalam ekspose monitoring, ada 17 Aplikasi System Informasi yang digunakan di Kalurahan baik dari Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Desa, Kementerian Keuangan, BPJS, Pemda DIY, Pemda Kabupaten dll sehingga pekerjaan Perangkat Desa menjadi kurang efisien karena harus mengentri data yang sama di beberapa Aplikasi System Informasi.

“Akan menjadi lebih efektif dan efisien apabila ada satu system informasi yang bisa mencakup segala data dari kalurahan, dan tidak perlu banyak system informasi yang dikelola oleh kalurahan sehingga pelaksanaan kegiatan di desa berjalan lancar. Karena personil yang ada di kalurahan sangat terbatas. Jadi cukup sekali entri data dari kelurahan sudah terintegrasi dengan Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Provinsi sehingga data apapun bisa diakses dengan cepat dan tepat” ucap Kepala BAPPEDA Kabupaten Gunungkidul Saptoyo, S.Sos, M.Si dalam paparannya.

Harapan besar agar apa yang ingin dicapai pada Ekspose Kajian Monitoring TIK dalam Pemerintahan Kalurahan bisa direalisasi sehingga Visi Gubernur 2022-2027 yaitu “mewujudkan Panca Mulia Masyarakat Jogja, melalui Reformasi Kalurahan, Pemberdayaan Kawasan Selatan, serta Pengembangan Inovasi dan Pemanfaatan Teknologi Inovasi” bisa diwujudkan.

 

(trims)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung