PEMKAL SIRAMAN BERSAMA PUSKESWAN SUKSESKAN VAKSIN UNTUK MENCEGAH PMK

Tri Mulatsari 30 Januari 2023 10:03:48 WIB

Siraman (Sida Samekta) – Sebagai upaya pengendalian penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak, Puskeswan melaksanakan pencegahan penularan virus PMK (Virus penyakit mulut dan kuku) pada ternak di Kalurahan Siraman dengan pemberian vaksin kepada sapi yang masih sehat.

PMK atau dikenal juga sebagai Foot and Mouth Disease (FMD) dan Apthtae Epizooticae adalah penyakit hewan menular bersifat akut yang disebabkan virus. Penyakit ini dapat menyebar dengan sangat cepat mengikuti arus transportasi daging dan ternak terinfeksi. PMK menimbulkan kerugian ekonomi yg sangat besar. Oleh karena itu pemberian vaksin untuk Sapi sehat sangat perlu dilakukan agar tidak menjadi keresahan bagi warga karena banyaknya sapi yang dimiliki warga terkena PMK dan mengakibatkan turunnya harga sapi.

Pemerintah Kalurahan Siraman sangat antusias dan mendukung percepatan pemberian vaksin PMK untuk sapi-sapi milik warga. Pemberian vaksin di Kalurahan Siraman dilaksanakan pada hari Selasa (28/02/23). Sapi yang sudah disuntik vaksin PMK diberi tanda ear tag untuk identitas ternak. Ear tag tersebut menjadi tanda apabila sapi akan dijual sudah aman dari virus PMK sehingga tidak ada rasa khawatir bagi pembeli.

 

(trims.)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung