KEGIATAN SEREMONIAL “ MIDANG AGENG ”

Tri Mulatsari 28 Juli 2023 11:54:53 WIB

Siraman - Sida Samekta, Jumat Kliwon (28/7/2023) Kegiatan seremonial “Midang Ageng” rutin dilaksanakan pada hari Jum’at Pon pada bulan Muharram. Tradisi budaya ini sering diselenggarakan oleh masyarakat dalam rangka ungkapan/wujud syukur warga masyarakat kepada Tuhan atau sering disebut nadzar.

Pada hari ini Jum’at Pon tanggal 3 Muharram 1445 H, Pemerintah Kalurahan Siraman mengadakan kegiatan seremonial tradisi budaya “Midang Ageng”. Acara ini diawali pukul 14.00 WIB dengan rombongan kirab berkumpul titik start yaitu rumah Bapak Sutrisno RT004 RW007 Padukuhan Seneng, menuju titik finish yaitu Balai Padukuhan Seneng dimana puncak acara Midang Ageng akan dilaksanakan di bawah pohon beringin yang konon katanya pada zaman dahulu dikenal sebagai cikal bakal Pasar Kawak.

Rombongan kirab terdiri dari iringan pembawa ubo rampe yang akan digunakan untuk keperluan midang seperti ketupat luar, kelapa, gula merah, beras, pisang raja, bunga dan kain mori, kemudian shohibul hajat atau pemohon dalam hal ini diwakili oleh Lurah Kalurahan Siraman dan didampingi oleh Bapak Heri Susanto, S.Kom., M.Si. selaku Wakil Bupati Kabupaten Gunungkidul dan Pamong Kalurahan, Bamuskal serta masyarakat dan terakhir diiringi oleh Kesenian Reog Sedyo Rukun Winong.

Prosesi/upacara Midang Ageng dilakukan dengan pembukaan dari penari, kemudian juru kunci (Ibu Sri Umiyati) menerima atur dari pemohon (Lurah Kalurahan Siraman), dilanjutkan penarikan ketupat luar oleh pemohon sebagai simbol bahwa keinginan selesai dan telah terlaksana. Upacara ditutup dengan doa bersama dipimpin oleh Dukuh Padukuhan Seneng yaitu Bapak Supriyadi.

Tamu undangan yang turut hadir dalam kegiatan seremonial Midang Ageng ini yakni Bapak Heri Susanto, S.Kom., M.Si. selaku Wakil Bupati Kabupaten Gunungkidul, Bapak Agung Danarta, S.Sos, M.SE. selaku Panewu Kapanewon Wonosari, dan Bapak Edy selaku Kapolsek Wonosari.

Setelah dilakukannya prosesi/upacara Midang Ageng, acara selanjutnya yaitu sambutan. Sambutan yang pertama dari Lurah Kalurahan Siraman yaitu Bapak Damiyo, beliau menyampaikan secara singkat sejarah atau awal mula terbentuknya Pasar Kawak dan adanya tradisi “Midang Ageng”. Sambutan yang kedua yaitu dari Bapak Panewu Wonosari dan sambutan terakhir yaitu dari Bapak Wakil Bupati Kabupaten Gunungkidul.

Dalam akhir sambutannya Bapak Heri Susanto, S.Kom., M.Si. selaku Wakil Bupati Kabupaten Gunungkidul secara simbolis menyerahkan Keris kepada Panitia Jamasan Kubra sebagai tanda/pembukaan acara Jamasan Kubra yang akan dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 22 Juli 2023.

Dokumen Lampiran : MIDANG PASAR KAWAK DAN JAMASAN


Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung