Tradisi Bersih Dusun (Rasul) di Padukuhan Siraman I Kalurahan Siraman

Tri Mulatsari 27 Agustus 2024 10:23:09 WIB

Minggu Legi (1/9/20204) Upacara Bersih Dusun ini sebagai ungkapan rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Nabi Muhammad SAW serta para leluhur yang telah melimpahkan karunianya sehingga hasil panen pertaniannya bisa berhasil dengan baik dan bermanfaat untuk keperluan keluarga, disamping itu juga mohon kepada Tuhan Yang Maha Esa agar hasil panen yang akan datang bisa berhasil dengan baik dan seluruh warga Padukuhan Siraman I terhindar dari malapetaka. Upacara bersih dusun ini menjadi agenda tahunan di Padukuhan Siraman I Kalurahan Siraman Kapanewon Wonosari Kabupaten Gunungkidul.

Upacara bersih dusun ini memiliki berbagai rangkaian acara :

  1. Tahlil dzikir jaga warga bersama warga
  2. Senam, Jalan Sehat dan Elektone
  3. Pentas Jathil
  4. Kenduri pagi dan kirim doa
  5. Kepung kenduri
  6. Pentas karawitan sri budoyo
  7. Pagelaran wayang kulit ki Dalang Sumiyarno

Pada acara inti kenduri dihadiri oleh Drs. H. Supriyadi anggota DPRD Kabupaten Gunungkidul, Bapak Kasi Kesejahteraan Sosial Kapanewon Wonosari, Perwakilan Kundha Kabudayan, Carik, Jagabaya, Pangripta, Dukuh Siraman I, Dukuh Siraman II, Dukuh Siraman III, Bhabinkamtibmas, Bamuskal, LPMKal, RT, RW, sesepuh dan Lembaga masyarakat lainnya.

Sebagai bentuk rasa bersyukur warga Kalurahan Siraman khususnya Padukuhan Siraman I melaksanakan kenduri bersama. Dalam kenduri bersama ini seluruh warga menyiapkan nasi ingkung dari rumah masing-masing warga.

Nasi yang dibawa warga itu dikumpulkan menjadi satu. Dalam kenduri itu warga mengucapkan rasa syukur atas rejeki yang telah diterima baik berupa hasil pertanian, perdagangan maupun hasil profesi lainnya.

Setelah selesai membaca doa kenduri, selanjutnya nasi yang dibawa warga tersebut dibagikan kepada seluruh warga yang hadir. Masing-masing orang yang datang ke acara bersih dusun mendapatkan bagian nasi lengkap dengan lauk pauknya. Dalam kegiatan kenduri tersebut terlihat wujud kerukunan warga. Inilah salah satu manfaat dari digelarnya acara bersih dusun atau rasulan di Gunungkidul.

 

Dokumen Lampiran : Rangkaian Acara Rasul Tri Dusun


Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung