Upacara Adat Rasulan, Bersih Dusun Tri Padukuhan "Winong, Besari, Seneng" Kalurahan Siraman

Tri Mulatsari 03 September 2024 13:29:55 WIB

Senin Pahing (2/9/2024) Upacara adat rasulan Tri Padukuhan “Winong, Besari, Seneng” dengan tuan rumah tahun ini ialah Padukuhan Besari dengan pusat acara dilaksanakan di Balai RW 05 Besari Kalurahan Siraman Kapanewon Wonosari Kabupaten Gunungkidul. Upacara adat rasulan ini telah berlangsung setiap tahun yang menjadi momen yang ditunggu-tunggu karena banyaknya rangkaian acara didalamnya.

Tradisi rasulan merupakan ungkapan rasa syukur terhadap hasil panen yang melimpah yang diperoleh selama tahun, tradisi ini juga untuk memohon keselamatan dan menolak bahaya. Tradisi rasulan diadakan setahun sekali setelah panen, yang dilakukan di hampir seluruh kalurahan di daerah Gunungkidul.

Pelaksanaan rangkaian acara pada rasul kali ini ialah turnamen bola voli plastik, pentas seni, pengajian, jalan santai, campursari, jalan santai, kirab pawai budaya, kirab gunungan, dan pagelaran wayang kulit dalang Ki Marno Purbo Cerito dengan Bintang tamu mbah Waluyo dan Suhin. meriah

Rangkaian acara tersebut disambut dengan antusias oleh seluruh warga masyarakat Tri Padukuhan “Winong, Besari, Seneng” , hal tersebut dapat dilihat dari partisipasi masyarakat yang luar biasa di setiap rangkaian acaranya. Pada saat Kirab/Pawai Budaya diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat mulai dari anak-anak sampai lansia ikut memeriahkan acara tersebut, dengan banyaknya jumlah peserta membuat barisan yang mengular panjang di jalan rute kirab tersebut. Selain itu, pawai gunungan juga diikuti oleh berbagai reog klasik yang disajikan oleh para sesepuh legendaris yang menjadi harta yang sangat berharga di kalurahan kami. Acara kirab gunungan ini dihadiri oleh Bupati Gunungkidul, Kepala Dinas Kundha Kabudayan, Puskesmas Wonosari I, Panewu Wonosari beserta jajaran, Lurah, Pamong, Bamuskal, LPMKal, Babinsa, Bhabinkamtibmas, dan Lembaga masyarakat lainnya.

Dokumen Lampiran : Upacara Adat Rasulan, Bersih Dusun Tri Padukuhan


Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung