LAUNCHING DESIR OLEH PAK CAMAT

Pemdes Siraman 06 Oktober 2017 09:39:51 WIB

Kesehatan mahal harganya, ungkapan itu sudah sangat akrab di telinga kita bahkan banyak yang setuju. Kurangnya atau mungkin takutnya seseorang untuk cek kesehatan lebih awal adalah salah faktor sering terlambatnya penanganan penyakit tidak menular.

Stroke, diabetes, asam urat adalah sebagian contoh penyakit yang sering diderita oleh sebagian masyarakat, bahkan bisa dibilang penyebab tingginya kematian di masyarakat kita. Salah satu upaya berbasis masyarakat dalam deteksi dini penyakit tidak menular yang saat ini populer adalah POSBINDU (Pos Pembinaan Terpadu)

POSBINDU, diambil dari laman    http://dinkes.inhukab.go.id merupakan salah satu upaya kesehatan berbasis masyarakat yang bersifat promotif dan preventif dalam rangka deteksi dini dan pemantauan faktor risiko PTM Utama yang dilaksanakan secara terpadu, rutin, dan periodik. Faktor risiko PTM  meliputi merokok, konsumsi minuman beralkohol, pola makan tidak sehat, kurang aktifitas fisik, obesitas, stres, hipertensi, hiperglikemi, hiperkolesterol serta menindaklanjuti secara dini faktor risiko yang ditemukan melalui konseling kesehatan dan segera merujuk ke fasilitas pelayanan kesehatan dasar. Kelompok PTM Utama adalah diabetes melitus (DM), kanker, penyakit jantung dan pembuluh darah (PJPD), penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), dan gangguan akibat kecelakaan dan tindak kekerasan.

Pada hari Jumat kemaren (6/10/2017) Pemerintah Desa Siraman dengan diprakarsai UPT Puskesmas Wonosari 1 dan dihadiri oleh Camat Wonosari, Babinsa/Babinkamtibmas dan tokoh masyarakat beserta kader kesehatan melaunching POSBINDU DESIR. 

"Kesehatan adalah kebutuhan pokok masyarakat, kuatnya ekonomi serta kesejahteraan masyarakat dapat tercapai jika masyarakat itu sendiri sehat jiwa dan raganya. Maka sudah menjadi kewajiban pemerintah untuk bisa mendukung dan memfasilitasi kegiatan Posbindu baik melalui kebijakan aturan maupun anggaran" atur Iswandoyo, Camat Wonosari dalam sambutan sekaligus secara resmi melaunching POSBINDU Desir.

Dengan adanya Posbindu di Desa Siraman, deteksi dini adanya gejala penyakit tidak menular bisa terkontrol, dan cita-cita Indonesia Sehat dapat terealisasi. #aduh

Komentar atas LAUNCHING DESIR OLEH PAK CAMAT

09 Oktober 2017 05:28:43 WIB
Selamat dan sukses untk desa siraman,posbindu :DESIR" terus maju tetap semangat

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung