GELAR POTENSI BUDAYA DESA SIRAMAN

Pemdes Siraman 24 November 2017 17:21:21 WIB

Siraman (Sida Samekta)-Pemerintah Desa Siraman bersama dengan Karang Taruna Desa Siraman menyelenggarakan Gelar Potensi Budaya Desa yang bertujuan untuk menampilkan ragam budaya yang dimiliki Desa Siraman. Adapun potensi yang ditampilkan mewakili tiap-tiap RW se-Desa Siraman. Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari (24-25 November 207) ini bertujuan agar warga masyarakat kembali peduli, cinta dan merasa memiliki kekayaan budaya yang diwaariskan oleh para leluhur yang saat ini mulai pudar.

Gelar Potensi Budaya Desa Siraman yang berlokasi di Balai Dusun Seneng dibuka oleh Wakil Bupati Gunungkidul Dr Drs. Immawan Wahyudi,MH. Beliau menyampaikan bahwa budaya asli daerah harus dilestarikan karena menjadi jati diri yang bisa menjadi alat pemersatu bangsa, memupuk semangat gotong-royong, saling peduli, saling memiliki. " Gelar Potensi Budaya perlu dilaksanakan dengan rutin agar kekayaan Budaya Desa bisa dieksplor sehingga bisa dikenal oleh masyarakat luas" imbuhnya.

Gelar Potensi Budaya Desa Siraman menyuguhkan berbagai macam kekayaan budaya seperti Upacara adat Midhang, aneka makanan tradisional, jamu tradisional, kesenian reog, kesenian tari, kesenian karawitan, lomba pidato bahasa Jawa, lomba menulis aksara Jawa dan potensi-potensi lain yang dimiliki Desa Siraman. Yang lebih ditonjolkan dari kegiatan ini adalah Upacara Adat Midhang yang selama ini belum dikenal oleh masyarakat luas. Selain itu lomba Nulis Aksara Jawa juga menjadi daya tarik tersendiri karena masih jarang diadakan di event-event lain.

Gelar Potensi Budaya Desa Siraman berlangsung lancar dan sakral dibawah rintikan hujan yang tidak kunjung berhenti sejak Kamis siang. Meskipun hujan warga masyarakat antusias mengikuti seluruh rangkaian acara. Upacara Midhang dimulai setelah pembacaan cerita awal mula Pasar Kawak yang menjadi cikal bakal Pasar Argosari Wonosari Gunungkidul. Dengan diiringi tarian sesembahan dan reog Sapta Budaya, Perangkat Desa Siraman beserta warga masyarakat yang memiliki hajat dan telah terkabul melaksanakan rangkaian Upacara Adat Midhang. Setelah Upacara Adat Midhang selesai Panitia mengajak tamu undangan yang dihadiri langsung oleh Camat Wonosari, Kapolsek Wonosari, Dinas Pariwisata, Kepala Desa se-Kecamatan Wonosari, Lembaga Desa dan seluruh tamu yang hadir untuk mengunjungi bazar makanan dan jamu tradisional yang telah disetel seperti Pada Kawak masa lampau. 

Meskipun cuaca kurang mendukung yang menjadikan persiapan panitia menjadi terkendala namun pelaksanaan kegiatan Gelar Potensi berjalan dengan baik. 

trims.

Komentar atas GELAR POTENSI BUDAYA DESA SIRAMAN

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung