SWADAYA MASYARAKAT ADALAH KUNCI PEMBANGUNAN DESA

BANGKIT SA 29 Januari 2018 12:48:00 WIB

Siraman –  Kemampuan suatu kelompok masyarakat baik berupa daya maupun dana untuk mewujudkan suatu pembangunan fisik maupun non fisik yang pengadaannya seluruhnya oleh masyarakat itu sendiri, karena didorong kepentingan, dibiayai dengan menggali kemampuan yang dimiliki oleh masyarakat, dimanfaatkan dan dipelihara pula oleh masyarakat. Dengan kata lain, oleh dan untuk masyarakat itu sendiri tanpa adanya dorongan dari luar. Itulah SWADAYA.

Masyarakat pada umumnya memiliki rasa kepedulian dengan lingkungannya, ketika terjadi ketidakseimbangan dalam lingkungan, secara serempak, masyarakat berpikir bagaimana agar ketidakseimbangan itu menjadi stabil. Kerusakan lingkungan, bencana sosial, kemiskinan adalah tanggungjawab yang dimulai dari masyarakat itu sendiri. Sehingga, ketika dana yang dilimpahkan Pusat maupun Daerah kepada Desa belum bisa terealisasi, karena semua membutuhkan tahapan, maka swadaya masyarakat adalah jawabannya.

Seperti yang dilaksanakan oleh warga masyarakat RW 05 Padukuhan Besari pada hari Minggu (28/01/2018) kemarin yang telah secara sadar dan peduli melaksanakan Kerja Bakti Massal  membuat drainase serta normalisasi drainase secara swadaya dengan sasaran lokasi meliputi wilayah RT 06, RT 07 dan RT 08.

Kegiatan bersifat murni swadaya masyarakat ini awalnya karena ada keluhan salah satu warga yang rumahnya terkena imbas banjir sewaktu hujan turun. Hujan turun dengan itensitas tinggi membuat selokan-selokan tersumbat sehingga aliran air tidak lancar, “adanya pembangunan drainase dari daerah yang  lebih tinggi yang sudah dibangun otomatis aliran air sudah terkelola dengan baik sedangkan yang berada didaerah yang lebih rendah belum dibangun drainase secara permanen maka jikalau hujan dengan intensitas tinggi maka air meluber dan membanjiri rumah-rumah warga” ucap Santi Supraptiwi selaku Dukuh Besari.

Dengan dibangunnya dan normalisasi drainase ini diharapkan bisa meminimalisir banjir  dan warga merasa tenang dan tidak khawatir lagi akan adanya banjir. Dan yang lebih penting, bahwa swadaya itulah yang menjadi pokok dan kunci pembangunan Desa. ( Banx )

 

Komentar atas SWADAYA MASYARAKAT ADALAH KUNCI PEMBANGUNAN DESA

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung