SANGGAR TARI KINAYUNG, MENGENAL SENI SEJAK DINI

30 Januari 2018 10:58:59 WIB

Siraman - Hasil keindahan yang dapat menggerakkan perasaan indah orang yang melihatnya, oleh karena itu perbuatan manusia yang dapat mempengaruhi dapat menimbulkan perasaan indah itu seni. Definisi seni menurut Ki Hajar Dewantara, bapak pendidikan Indonesia ini, memiliki makna yang sangat luas, sudut pandangnya adalah segala sesuatu bila terjadinya keindahan itu dikatakan seni. Gerak, coretan, suara adalah sebuah seni yang pada masing-masing orang memiliki tingkatan, makna dan nilai yang unik sendiri.  

Khususnya untuk anak usia dini yang baru bisa menggambar pemandangan pegunungan dengan coretan-coretan itu dapat kita kata seni, karena apa yang mereka lukiskan dengan menggunakan pensil warna adalah bagus dan mereka merasa bahagia. Adalah seni ketika anak usia dini menunjukkan gerak lagu ala K-pop dengan tangisan dan rasa malu itu indah dan mereka sangat bangga.  Pembentukan karakter keindahan (seni.red) inilah yang mampu meningkatkan rasa percaya diri, kreatifitas tinggi dan rasa peduli dengan lingkungan, karena seni adalah rasa.

Sanggar Tari Kinayung sebagai salah satu wadah bagi anak-anak usia dini dan remaja untuk mengembangkan bakat seni tari. Sekitar 25 anak rutin hari sabtu dan minggu latihan di sanggar yang terletak di Padukuhan Siraman II ini. Adalah Worocahyo Wijayanti pemilik sekaligus pelatih sanggar tari Kinayung, dengan niat mengembangkan bakat dan berbagi ilmu tari, mencoba melatih anak-anak yang tertarik dengan seni olah tubuh ini, fokus di Tari Klasik dan Tari Kreasi Baru. Sudah Beberapa event lokal Gunungkidul diikuti oleh anak-anak Sanggar Tari Kinayung, mulai kegiatan budaya Desa Siraman hingga karnaval tingkat Kabupaten.  

“Kami melatih anak dengan jumlah kurang lebih 25  anak dengan jadwal hari sabtu untuk remaja dan minggu untuk anak-anak. Jumlah anak memang belum banyak, karena kebetulan waktu saya yang kadang-kadang bersamaan dengan kepentingan di sekolah, dan harapan saya sanggar ini lebih bisa dikenal dan diterima oleh masyarakat luas” Kata Woro yang saat ini mengajar salah satu TK di Kecamatan Wonosari.

Seni sebagai salah satu pembentukan karakter, yang sangat berpengaruh terhadap perilaku manusia. Sehingga karakter indah sejak dini harapannya berpengaruh terhadap keindahan seseorang kedepannya.

Komentar atas SANGGAR TARI KINAYUNG, MENGENAL SENI SEJAK DINI

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung