BELAJAR TATA LAMPAH & TATA KRAMA DI PISOWANAN KERATON YOGYAKARTA

Pemdes Siraman 15 Maret 2018 10:00:08 WIB

Siraman (Sida Samekta) - Memasuki pawiyatan pamong hari kedua (15/3/2018) peserta diajak Masuk ke Ndalem Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat untuk mendapatkan pelatihan tentang Tata Lampah dan Tata Krama. Selain itu juga mendapatkan materi tentang Hajad Dalem dan Pranata Mangsa. Diawal acara peserta disambut langsung oleh KPH. Yudhahadiningrat sekaligus menceritakan Sejarah Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pawiyatan Pamong yang dilaksanakan di Bangsal Kesatrian ini mengharuskan peserta menggunakan baju peranakan. Peserta tidak boleh menggunakan alas kaki dan untuk peserta putri tidak boleh memakai perhiasan apapun agar tidak ada kesenjangan sosial dan semua berkedudukan sama ketika pisowanan di Keraton. Maksud penggunaan baju peranakan adalah agar antara satu dan lainnya terjalin hubungan persaudaraan layaknya saudara kandung atau satu keturunan/peranakan.

Setelah melaksanakan pawiyatan pamong di Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat peserta melanjutkan Pawiyatan Pamong di Pura Pakualaman untuk mendapatkan materi tentang Pura Pakualaman.

trims.

Komentar atas BELAJAR TATA LAMPAH & TATA KRAMA DI PISOWANAN KERATON YOGYAKARTA

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung