KELOMPOK SALING MENOLONG DESA SIRAMAN

Pemdes Siraman 16 Februari 2019 10:17:21 WIB

Siraman (Sida Samekta) - Kelompok yang saling menolong, saling membantu, atau kelompok dukungan atau yang lebih sering disebut dengan SHG (Self Help Group) didefinisikan sebagai suatu kelompok yang menyediakan dukungan bagi setiap anggota kelompok. Anggota kelompok ini berpegangan pada pandangan bahwa orang-orang yang mengalami masalah dapat saling membantu satu sama lain dengan empati dan belarasa yang lebih besar dan lebih membuka diri (Ahmadi, 2007 cit Keliat, 2008).

SHG atau bisa disebut Kelompok Bela Rasa yang ada di Desa Siraman tahun 2019 ini merupakan kelanjutan program dari Yakkum bekerjasama dengan Puskesmas I dan desa dampingan. Desa dampingan di Kecamatan Wonosari ada 4 desa, salah satunya adalah Desa Siraman. SHG yang dilaksanakan satu bulan sekali di Desa Siraman ini fokus untuk kasus ODDP (Orang Dengan Disabilitas Psikososial) dengan melibatkan Pasien ODDP, Keluarga pasien, Kader kesehatan jiwa, Pendamping dari Yakkum dan Petugas dari Puskesmas I Wonosari.

Seperti hari ini, Sabtu (16/02/2019) diadakan SHG di Gazebo Embung Desa Siraman dengan kegiatan TAK (Terapi Aktifitas Kelompok) yang menjadi kegiatan rutin 2 bulanan. TAK adalah terapi yang dilakukan oleh kelompok pasien dengan cara bermusyawarah anatar pasien dimana dalam musyawarah tersebut dipimpin oleh ahli terapis. Oleh karena itu diharapkan para pasien bisa sharing, saling menceritakan kegiatan sehari-hari sehingga mempunyai hubungan erat satu sama lain dan bisa saling mendukung.

"Dengan adanya SHG ini bisa sekaligus memantau kerutinan dan kepatuhan minum obat. Di SHG juga diajarkan cara mengatasi ketika timbul halusinasi, diajarkan berkegiatan positif lain salah satunya kegiatan melukis yang akan dijadwalkan pada SHG bulan depan." ujar Suryantiningsih selaku Kader kesehatan jiwa.

 

 

(trims.)

 

 



Komentar atas KELOMPOK SALING MENOLONG DESA SIRAMAN

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung