PENGUATAN JAGA WARGA

Pemdes Siraman 05 April 2019 13:50:29 WIB

Siraman (Sida Samekta) - Jum'at (5/4/2019) Kesbangpol DIY mengadakan pembinaan Pengurus Jaga Warga Dusun se-Desa Siraman di Balai Desa Siraman. Dalam pembinaan tersebut disampaikan bahwa penguatan Jaga Warga dilakukan 3 kali pendampingan rapat dalam satu tahun. Selain itu disampaikan bahwa kegiatan jaga warga dari waktu ke waktu harus didokumentasikan agar bisa menjadi contoh desa lain dan menjadi Jaga Warga terbaik se-DIY.

Kesbangpol DIY memberi apresiasi yang tinggi kepada Pengurus Jaga Warga Desa Siraman karena sudah bisa menjalankan fungsi peranannya dengan sangat baik. “ Pengurus Jaga Warga bertugas membantu pemecahan masalah-masalah atau persoalan di masyarakat sehingga bisa menjadi manfaat di lingkungan. “ Ujar Bapak Sugeng selaku Sekretaris Kesbangpol

Bapak Mulat dari Kesbangpol Kabupaten menambahkan bahwa apabila ada permasalahan dilapangan bisa dikonsultasikan ke Kesbangpol Kabupaten maupun DIY. Beliau juga menyampaikan bahwa syarat organisasi berjalan dengan baik adalah :

  1. Organisasi harus bermanfaat
  2. Organisasi harus membanggakan, oleh karena itu penting untuk memelihara kebanggaan
  3. Organisasi harus memiliki dasar hukum
  4. Organisasi harus mempunyai pengaruh/kekuatan/jaringan
  5. Organisasi harus bisa memperkenalkan identitas (kultur organisasi)
  6. Organisasi harus bisa berperan

Jaga warga memiliki tantangan yang besar yaitu bagaimana mengatasi dan mengantisipasi permasalahan di masyarakat, tuntutan masyarakat semakin tinggi, dan koordinasi semakin tidak mudah. Oleh karena itu penting bagi seluruh Pengurus Jaga Warga untuk mengupayakan bagaimana koordinasi agar bisa lebih efektif.

(trims.)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung