JAMASAN PUSOKO KUBRO, 400an TOSAN AJI DIJAMASI

Pemdes Siraman 15 September 2019 09:42:19 WIB

Siraman (Sida Samekta) – Siraman (15/09/2019) beberapa warga Padukuhan Seneng yang dikoordinir oleh Purnama Supriatna mengadakan kegiatan JAMASAN PUSOKO KUBRO di Balai Padukuhan Seneng. Kegiatan jamasan ini baru pertama kali dilaksanakan namun antusias dan partisipasi para kolektor tosan aji sangat tinggi, terbukti peserta yang datang tidak hanya dari desa Siraman saja.

Ada sekitar 400an tosan aji yang dijamasi, jenis tosan aji tersebut antara lain keris, tumbak, pedang, kujang dll. Rencananya JAMASAN PUSOKO KUBRO akan dilaksanakan rutin sebagai upaya melestarikan peninggalan leluhur yang menjadi kekayaan nusantara dan memiliki nilai sejarah.

“Tujuan diadakan Jamasan ini adalah untuk nguri-uri budaya dan mempopulerkan kembali pusaka peninggalan nenek moyang” ujar Purnama Supriyatna

Dalam kesempatan ini Chairul Agus Mantara, SIP, MM Kabid Pelestarian Warisan dan Nilai Budaya Dinas Kebudayaan Kabupaten Gunungkidul  hadir untuk melihat kegiatan Jamasan dan memberikan arahan agar pelaksanaan Jamasan yang akan datang  disertai dengan kegiatan lain, misal sarasehan atau kegiatan budaya lainnya.

(trims.)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung