Tanggulangi Penyebaran COVID-19 Warga Siraman 3 Rela Rogoh Kocek Sendiri Lakukan Penyemprotan

Tri Mulatsari 24 Maret 2020 16:04:06 WIB

Siraman (Sida Samekta) - 

Kesadaran masyarakat untuk perang melawan penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) semakin tinggi. Seperti halnya dilakukan warga Padukuhan Siraman 3, Desa Siraman, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunungkidul. Dengan cara merogoh kocek sendiri, warga suka rela swadaya melakukan penyemprotan desinfektan disejumlah titik lokasi diwilayahnya, Selasa, (24/03/2019).

Dukuh Siraman 3, Agus Setiyawan menjelaskan, penyemprotan desinfektan dilaksanakan warga dari unsur Rukun Tetangga (RT), Rukun Warga (RW), Tokoh Masyarakat (Tomas) dan dibantu Karangtaruna Mandala Wijayakusuma Padulkuhan Siraman 3.

“Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari himbauan pemerintah Desa Siraman. Sebagai tata pemerintahan tingkat bawah, kami wajib mendukung program pemerintah baik desa, kecamatan, kabupaten hingga pemerintah pusat. Kesadaran masyarakat juga perlu kita pahamkan dalam menanggulangi penyebaran virus corona,” ungkap Agus.

Lebih lanjut Agus menyampaikan, sejumlah lokasi yang menjadi fokus penyemprotan diantaranya tempat peribadatan Masjid dan Vihara. Selain itu sekolahan baik PAUD dan SD, UPT Puskesmas Pembantu serta komplek Balai Latihan Kerja (BLK).

“Kegiatan ini dapat terlaksana karena dukungan dan kesadaran warga cukup baik. Semua murni biaya sendiri, jadi kami swadaya iuran melalui kas tiap-tiap RT,” jelas Dukuh Siraman 3.

Sementara itu Kepala Seksi Pemerintahan (Kasipem) Desa Siraman, Sudarmadi menyampaikan, dirinya mewakili Pemerintah Desa Siraman mengapresiasi langkah yang dilakukan waga Padukuhan Siraman 3. Sudarmadi berharap, agar kegiatan serupa dapat dilaksanakan di padukuhan lain se Desa Siraman.

“Kami juga mengajak masyarakat untuk mematuhi himbauan pemerintah yaitu tidak melakukan kegiatan berkumpul yang melibatkan orang banyak, selalu jaga kebersihan diri dan lingkungan serta selalu mencuci tangan setiap waktu. Disamping itu senantiasa menjaga kondisi kesehatan dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang bergizi, dan kurangi aktifitas diluar rumah jika tidak ada keperluan/kepentingan yang mendesak,” tutup Sudarmadi.

 

sumber : strategi.co.id

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung