GERBUAN MERUPAKAN KEBUDAYAAN YANG MASIH LESTARI

Pemdes Siraman 12 April 2017 15:33:21 WIB

Gerbuan/gugur gunung/kerjabakti/gotongroyong masih sangat terjaga di Kabupaten Gunungkidul tak lain juga di Desa Siraman. Di Desa Siraman sangat tinggi rasa kebersamaan warga masyarakat. Salah satunya adalah gerbuan atau lebih dikenal dengan kerja bakti. Gerbuan dilaksanakan rutin tiap satu minggu sekali atau 2 minggu sekali. Biasanya bersama-sama membersihkan lingkungan maupun merehab sarana prasarana di wilayah tersebut. Gerbuan sudah menjadi ciri khas dan juga menjadi sebuah adat istiadat atau budaya yang masih sangat lestari. Gerbuan sangat efektif untuk menumbuhkan rasa kekeluargaan dan kepedulian antar warga masyarakat. Tidak tanggung-tanggung, seluruh warga masyarakat dari berbagai profesi, jabatan, pengusaha, petani, buruh, pria dan wanita bersatu padu, bersama-sama melaksanakan kegiatan yang ada di wilayah tersebut. Disitulah warga bisa berbagi baik itu berbagi makanan, minuman, cerita suka duka tanpa ada sekat.

Gerbuan juga merupakan tempat awal terjadi sebuah perencanaan karna biasanya menjadi tempat ngobrol yang asik sambil bekerja bersama, ngobrol bersama, wedangan bersama. Dengan pemikiran yang sama, tujuan yang sama, cita-cita yang sama yaitu memajukan wilayah baik itu pembangunan fisik maupun non fisik. Yang kemudian dibahas bersama di rapat koordinasi RT dan dibawa dimusyawarah Dusun kemudian dibawa ke Musyawarah Desa.

Gerbuan juga menjadi keuntungan tersendiri untuk Pemerintah Desa. Program-program desa yang menyasar langsung ke warga menjadi lebih mudah terlaksana terutama dibidang pembangunan. Dengan adanya gerbuan, target pekerjaan lebih cepat tercapai. Biaya untuk pekerja juga lebih sedikit karena banyaknya swadaya tenaga kerja dengan dikerjakan secara gerbuan/kerjabakti sehingga hasil pekerjaan lebih maksimal dengan biaya yang direncanakan. Keuntungan-keuntungan dari gerbuan juga dirasakan oleh warga setempat dikarenakan hasil pembangunan lebih optimal dengan biaya yang seharusnya untuk upah pekerja bisa dialihkan ke bahan bangunan. Sehingga target-target pembangunan fisik primer (jalan dan drainase) Pemerintah Desa cepat terselesaikan dan bisa beralih ke pembangunan fisik lain (sanimas, ipal, pengolahan sampah dll).

 

trims.

Komentar atas GERBUAN MERUPAKAN KEBUDAYAAN YANG MASIH LESTARI

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung